Minggu, 18 Desember 2016

Sejarah Perkembangan Psikologi



Sejarah Perkembangan Psikologi

Sejak zaman filsuf-filsuf besar seperti Sokrates (469-399 SM), Plato (427-347 SM) dan Aristoteles (384-322 SM) telah berkembangan filsafat mental yang berusaha memberikan pengalaman-pengalaman kejiwaan atau membahas persoalan “jiwa raga” (body-mind problems). Seorang filsuf yang secara jelas membahas persoalan ini adalah Rene Descartes (1596-1650). Beliau memandang manusia mempunyai dua unsur yang tidak dapat dipisahkan, yaitu jiwa dan raga. Kedua unsur ini saling mempengaruhi, terutama karena adanya kalenjar pinealis yang terdapat dalam otak.
Psikologi menampakkan kemajuan yangagak pesat pada awal abad ke XIX. Pada waktu itu banuak dilakukan eksperimen fisika, fisiologi dan kimia yang mencakup reaksi manusia pada kondisi tertentu. Perkembangan psikologi modern yang mandiri erat kaitannya dengan eksperimen-eksperimen mengenai pengalaman-pengalaman inderawi (Isensation). Di antaranya tercatat nama-nama terkenal seperti Gustav Theodore Fechner (1801-1887), seorang dokter sekaligus ahli matematika dan fisika Jerman yang bekerja sama dengan seorang dokter lain, Ernest Heinrich Weber (1795-1878). Kerja sama mereka menghasilakan suatu hukum penginderaan rangsang yang disebut dengan hukum Weber-Fechner. Pada tahun 1860 terbit buku Fechner yang berjudul elements of Psychophysics.
Tokoh psikologi eksperimen lain yang amat terkenal adalam Wilhelm Wundt (1832-1920), seorang dokter, filsuf, ahli fisika. Beliay banyak melakukan eksperimen tentang proses-proses kesadaran, meliputi penginderaan dan perasaan. Beliau mendefinisikan psikologi sebagai “ilmu yang mempelajari pengelaman sadar”. Pada tahun 1879 Wundt dan murid-muridnya mendirikan laboratarium psikologi pertama di Leipzig, Jerman. Peristiwa ini oleh para ahli dianggap sebagai saat lahirnya psikologi sebagai ilmu mandiri di luar filsafat, biologi, fisika maupun kimia. Pada tahun 1883 berdiri laboratorium serupa di Universitas John Hopkins, Amerika Serikat. Tahun 1890 terbit buku The Principles of Psychology karangan William James (1842-1910) yang setahun kemudian mengganti gelar profesor filsafatnya menjadi profesor psikologi. Sejak itu hampir semua Universitas besar Amerika Serikat mempunyai fakultas psikologi yang berdiri-sendiri. 

Sumber.Irwanto. 2002. Psikologi Umum. Jakarta: PT Prenhallindo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar