Minggu, 18 Desember 2016

Keterampilan Dasar Mengajar



Keterampilan Dasar Mengajar 

Pengertian Keterampilan Dasar
  Keterampilan dasar mengajar adah sekumpulan keterampilan yang sangat berperan dalam keberhasilan kegiatan belajar mengajar
Macam-macam Keterampilan Dasar Mengajar
  Keterampilan Membuka dan menutup Pelajaran
  Keterampilan bertanya
  Keterampilan memberi Penguatan
  Keterampilan Mengadakan Variasi
  Keterampilan Menjelaskan
  Keterampilan membimbing Diskusi Kelompok Kecil
  Keterampilan mengelolan kelas
  Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan
Diskusi
  Dari 8 Keterampilan Dasar Mengajar tersebut, indentifikasi tujuan  yang ingin dicapai, komponen syarat agar setiap  keterampilan tersebut berjalan dengan baik ?
  Perhatikan Video Pembelajaran, dari tayangan tersebut kegiatan guru yang manakah  yang termasuk ke dalam 8 keterampilan dasar mengajarnya?
Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran
Tujuan Keterampilan Membuka Pelajaran
  Menyiapkan mental siswa untuk memasuki kegiatan inti pelajaran.
  Membangkitkan motivasi dan perhatian siswa dalam mengikuti pelajaran
  Memberikan gambaran yang jels tentang batas-batas tugas yang harus dikerjakan siswa
  Menyadarkan siswa akan hubungan antara pengalaman/bahan yang sudah dimiliki/diketahui dengan yang akan dipelajari;
  Memberikan gambaran tentangpendekatan atau kegiatan yang akan diterapkan atau dilaksanakan dlm kegiatan belajar   
Tujuan Keterampilan menutup pelajaran
  Memantapkan pemahaman siswa terhadap kegiatan belajar yang telah berlangsung;
  Mengetahui keberhasilan siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran yan telah dipelajari;
  Memberikan tindak lanjut untuk mengembangkan kemampuan yang baru saja dikuasai
Komponen Keterampilan Membuka Pelajaran yang perlu dikuasai guru
  Menarik Perhatian Siswa (memvariasikan gaya mengajar, menggunakan alat-alat bantu mengajar, penggunaan pola interaksi)
  Menimbulkan motivasi (sikap hangat dan antusias, menimbulkan rasa ingin tahu, mengemukakan ide yang bertentangan, memperhatikan minat siswa, memberikan acuan)
  Membuat kaitan


Komponen menutup Pelajaran
  Meninjau Kembali (mereviu) : merangkum inti pelajaran, membuat ringkasan, menilai (tanya jawab secara lisan, mendemonstrasikan keterampilan, mengaplikasikan ide baru, menyatakan pendapat tentang masalah yang dibahas, memberikan soal-soal tertulis))
  Memberi Tindak lanjut : memberi tugas-tugas yang dikerjakan individu dan kelmpok)
Prinsip Penggunaan Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran
  Bermakna : relevan dengan materi yang akan dibahas dan sesuai dengan karakteristik siswa
  Berkesinambungan : bukan merupakan kegiatan yang saling lepas tetapi bagian yang utuh
Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil
Ciri-ciri kelompok kecil:
  Melibatkan kelompok 3-9 peserta
  Berlangsung dalam situasi tatap muka yang informal (setiap anggota dapat melihat, mendengar, dan berkomunikasi secara bebas dan langsung)
  Mempunyai tujuan yang mengikat anggota kelompok
  Berlangsung menurut proses sistematis 
Komponen keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil
  Memusatkan perhatian
  Memperjelas masalah dan uraian pendapat
  Menganalisis pandangan
  Meningkatkan urunan
  Menyebarkan kesempatan berpartisipasi
  Menutup diskusi (membuat rangkuman, mengemukan tindak lanjut, menilai proses dan hasil diskusi)
Prinsip Pengunaan
  Diskusi dapat berjalan jika Siswa dikelas tersebut sudah mampu mengungkapkannya pikiran dan perasaan secara lisan.
  Topik yang memerlukan informasi
  Harus dalam iklim terbuka
  Guru hendaknya membuat perencanaan dan persiapan
Keterampilan Mengelola Kelas
  Dibagi kedalan 2 Kelompok: Keterampilan Preventif (mencegah terjadinya gangguan) dan Keterampilan reprensif (mengatasi ganguan)
  Keterampilan Preventif : Menunjukkan sikap tanggap, membagi perhatian, memusatkan perhatian kelompok, meberi petunjuk yang jelas, menegur, memberi penguatan)
  Keterampilan Represif: memodifikasi tingkah laku, pengelolaan kelompok) 
Keterampilan Memberi Penguatan
  Penguatan merupakan dorongan bagi siswa untuk meningkatkan penampilanya, serta dapat meningkatkan perhatian
  Pengutan dapat diberikan dalam bentuk:
  Verbal dan non verbal
Keterampilan Bertanya
Faktor-faktor:
  Kejelasan dan Kaitan Pertanyaan
  Kecepatan dan Selang Waktu
  Pembagian dan penunjukkan
Teknik bertanya
  Teknik menunggu
  Teknik Reinforcement
  Teknik menuntun dan menggali (Prompting dan Probing)

  1. Prompting : pertanyaan untuk menuntun siswa agar dapat menemukan jawaban yang lebih benar
  2. Probing : pertanyaan yang bersifat menggali untuk mendapatkan jawaban yang lebih  lanjut dari siswa yang bermaksud untuk mengembangkan kualitas jawaban sehingga jawaban lebih jelas, akurat dan beralasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar