Keterampilan Dasar Mengajar
Pengertian
Keterampilan Dasar
Keterampilan
dasar mengajar adah sekumpulan keterampilan yang sangat berperan dalam
keberhasilan kegiatan belajar mengajar
Macam-macam
Keterampilan Dasar Mengajar
Keterampilan
Membuka dan menutup Pelajaran
Keterampilan
bertanya
Keterampilan
memberi Penguatan
Keterampilan
Mengadakan Variasi
Keterampilan
Menjelaskan
Keterampilan
membimbing Diskusi Kelompok Kecil
Keterampilan
mengelolan kelas
Keterampilan
mengajar kelompok kecil dan perorangan
Diskusi
Dari
8 Keterampilan Dasar Mengajar tersebut, indentifikasi tujuan yang ingin
dicapai, komponen syarat agar setiap keterampilan tersebut berjalan
dengan baik ?
Perhatikan
Video Pembelajaran, dari tayangan tersebut kegiatan guru yang manakah
yang termasuk ke dalam 8 keterampilan dasar mengajarnya?
Keterampilan
Membuka dan Menutup Pelajaran
Tujuan
Keterampilan Membuka Pelajaran
Menyiapkan
mental siswa untuk memasuki kegiatan inti pelajaran.
Membangkitkan
motivasi dan perhatian siswa dalam mengikuti pelajaran
Memberikan
gambaran yang jels tentang batas-batas tugas yang harus dikerjakan siswa
Menyadarkan
siswa akan hubungan antara pengalaman/bahan yang sudah dimiliki/diketahui
dengan yang akan dipelajari;
Memberikan
gambaran tentangpendekatan atau kegiatan yang akan diterapkan atau dilaksanakan
dlm kegiatan belajar
Tujuan
Keterampilan menutup pelajaran
Memantapkan
pemahaman siswa terhadap kegiatan belajar yang telah berlangsung;
Mengetahui
keberhasilan siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran yan telah dipelajari;
Memberikan
tindak lanjut untuk mengembangkan kemampuan yang baru saja dikuasai
Komponen
Keterampilan Membuka Pelajaran yang perlu dikuasai guru
Menarik
Perhatian Siswa (memvariasikan gaya mengajar, menggunakan alat-alat bantu
mengajar, penggunaan pola interaksi)
Menimbulkan
motivasi (sikap hangat dan antusias, menimbulkan rasa ingin tahu, mengemukakan
ide yang bertentangan, memperhatikan minat siswa, memberikan acuan)
Membuat
kaitan
Komponen
menutup Pelajaran
Meninjau
Kembali (mereviu) : merangkum inti pelajaran, membuat ringkasan, menilai (tanya
jawab secara lisan, mendemonstrasikan keterampilan, mengaplikasikan ide baru,
menyatakan pendapat tentang masalah yang dibahas, memberikan soal-soal
tertulis))
Memberi
Tindak lanjut : memberi tugas-tugas yang dikerjakan individu dan kelmpok)
Prinsip
Penggunaan Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran
Bermakna
: relevan dengan materi yang akan dibahas dan sesuai dengan karakteristik siswa
Berkesinambungan
: bukan merupakan kegiatan yang saling lepas tetapi bagian yang utuh
Keterampilan
Membimbing Diskusi Kelompok Kecil
Ciri-ciri
kelompok kecil:
Melibatkan
kelompok 3-9 peserta
Berlangsung
dalam situasi tatap muka yang informal (setiap anggota dapat melihat, mendengar,
dan berkomunikasi secara bebas dan langsung)
Mempunyai
tujuan yang mengikat anggota kelompok
Berlangsung
menurut proses sistematis
Komponen
keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil
Memusatkan
perhatian
Memperjelas
masalah dan uraian pendapat
Menganalisis
pandangan
Meningkatkan
urunan
Menyebarkan
kesempatan berpartisipasi
Menutup
diskusi (membuat rangkuman, mengemukan tindak lanjut, menilai proses dan hasil
diskusi)
Prinsip
Pengunaan
Diskusi
dapat berjalan jika Siswa dikelas tersebut sudah mampu mengungkapkannya pikiran
dan perasaan secara lisan.
Topik
yang memerlukan informasi
Harus
dalam iklim terbuka
Guru
hendaknya membuat perencanaan dan persiapan
Keterampilan
Mengelola Kelas
Dibagi
kedalan 2 Kelompok: Keterampilan Preventif (mencegah terjadinya gangguan) dan
Keterampilan reprensif (mengatasi ganguan)
Keterampilan
Preventif : Menunjukkan sikap tanggap, membagi perhatian, memusatkan perhatian
kelompok, meberi petunjuk yang jelas, menegur, memberi penguatan)
Keterampilan
Represif: memodifikasi tingkah laku, pengelolaan kelompok)
Keterampilan
Memberi Penguatan
Penguatan
merupakan dorongan bagi siswa untuk meningkatkan penampilanya, serta dapat
meningkatkan perhatian
Pengutan
dapat diberikan dalam bentuk:
Verbal
dan non verbal
Keterampilan
Bertanya
Faktor-faktor:
Kejelasan
dan Kaitan Pertanyaan
Kecepatan
dan Selang Waktu
Pembagian
dan penunjukkan
Teknik
bertanya
Teknik
menunggu
Teknik
Reinforcement
Teknik
menuntun dan menggali (Prompting dan Probing)
- Prompting : pertanyaan untuk menuntun siswa agar dapat menemukan jawaban yang lebih benar
- Probing : pertanyaan yang bersifat menggali untuk mendapatkan jawaban yang lebih lanjut dari siswa yang bermaksud untuk mengembangkan kualitas jawaban sehingga jawaban lebih jelas, akurat dan beralasan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar