Minggu, 18 Desember 2016

Pentingnya Filsafat Terhadap Manusia



Pentingnya Filsafat Terhadap Manusia 

Pentingnya filsafat sebagai berikut:
  • Dengan berfilsafat, maka akan lebih menjadi manusia, lebih membangun dan mendidik dirinya sendiri.
  • Dari pelajaran filsafat diharapkan seiap manusia dapat berfikir tentang dirinya sendiri.
  • Memberi dasar-dasar pengetahuan kita, memberi tatapan atau pandangan yang sintesis sehingga semua pengetahuan termasuk dalam kesatuan.
  • Agar hidup ini dipimpin oleh pengetahuan. Hal ini karena mengetahui kebenaran yang terdasar berarti tahu dasar-dasar hidup.
  • Memiliki kepentingan yang istimewa, hal ini karena filsafat memberi dasar-dasar ilmu pengetahuan yang lainnya tentang manusia, misalnya sosiologi, ilmu mendidik, ilmu jiwa dan lain sebagainya.

Pentingnya Filsafat Terhadap Manusia
Filsafat mencoba untuk menyatukan hasil-hasil dari bermacam-macam sains ke dalam sebuah pandangan dunia yang konsisten. Filosofi condong untuk tidak jadi spesialis, seperti para ilmuwan. Ia menganalisa suatu benda maupun masalah dengan sebuah pandangan yang sifatnya menyeluruh.
Filsafat tertarik kepada aspek-aspek kualitatif segala sesuatu, khususnya yang berkaitan dengan arti makna serta nilainya. Filsafat menolak untuk mengacuhkan segala aspek yang otentik dari suatu pengalaman manusia.
Manusia sangat membutuhkan ilmu yang bersifat memberi arahan atau ilmu pengarahan. Dengan ilmu itu, manusia akan di bekali sebuah kebijaksanaan yang di dalamnya terdapat nilai-nilai dalam kehidupan yang sangat dibutuhkan oleh manusia.
Beberapa kepentingan filsafat terhadap manusia diantaranya adalah:
  1. Dengan mempelajari filsafat diharapkan bisa menambah pengetahuan, dengan bertambahnya suatu ilmu, maka bertambahlah cakrawala pemikiran dan pengalama.
  2. Dasar seluruh tindakan, Sebetunya filsafat mengandung ide-ide, dengan ide itulah yang mampu membawa manusia menuju ke arah kemampuan dalam merentang kesadaran di setiap tindakannya. Dengan begitu manusia akan lebih tanggap terhadap lingkungan dan dirinya.
  3. Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, maka manusia akan semakin ditentang oleh sebuah kemajuan teknologi serta dampak negatifnya, perubahan begitu cepat dan semakin bergesernya tata nilai, sehingga manusia semakin menjauh dari tatanan nilai dan moral.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar