Rabu, 07 Desember 2016

Filsafat Pendidikan dalam visi misi Untirta



Filsafat Pendidikan dalam visi misi Untirta

Pada jaman yang sudah moderen seperti sekarang ini setiap orang secara tidak sadar dituntut untuk berfikir kritis terhadap berbagai persoaalan yang ada dari berbagai bidang. Dalam hal ini pendidikan memiliki peran yang penting terhadap segala persoalan yang ada, karena jika seseorang ingin berfikir kritis tetapi tidak memiliki ilmu yang cukup, maka dia akan merasa salah karena persoalan yang di kritisi itu tidak sesuai dengan persoalan yang ada. Dengan pendidikan pengetahuan bisa di dapatkan sehingga berfikir akan lebih mudah jika memiliki banyak pengetahuan melalui pendidikan tersebut.
Dalam filsafat pendidikan, immanuel kant menyederhanakan empat pertanyaan, yaitu :
What may I hope ? ( apa yang saya harapkan ? )
What can I know ? ( apa yang dapat saya ketahui ? )
What should I do ? ( apa yang saya dapat lakukan ? }
What is man ? ( apa atau siapakah manusia itu ? )
Dengan adanya empat pertanyaan yang di paparkan oleh immanuel kant, saya akan memberikan penjelasan terhadap pertanyaan-pertanyaan itu.
Apa yang saya harapkan ?
Harapan harus dibingkai dengan pengetahuan, jika kita memiliki pengetahuan maka visi yang sudah dibuat itu bisa tercapai dengan baik.
Jika dikaitkan dengan visi kampus yang saya tempati sekarang ini, memiliki visi yaitu terwujudnya Universitas Sultan Ageng Tirtayasa maju, bermutu, berkarakter, dan berdaya saing dalam kebersamaan. Menurut saya, maksud dari visi itu adalah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ingin bisa menjadi kampus yang : Pertama, maju Untirta pada saat ini sedang mengalami pertumbuhan, peningkatan, dan perubahan yang berkelanjutan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Maksudnya adalah Untirta ingin menjadi salah satu kampus yang maju dalam segala bidang. Kedua, bermutu karena dalam kata bermutu itu memiliki arti tercapainya kualitas pelayanan yang memberikan kepuasan kepada pelanggan, lulusan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang menguasai Iptek, mampu berkolaborasi dan membangun jejaring dan berkomunikasi menuju kemajuan bangsa, peradaban dan kesejahteraan umat manusia. Maksudnya adalah Untirta memiliki harapan agar seluruh mahasiwa dan mahasiswi Untirta dapat berkontribusi di dalam masyarakat yang bertujuan untuk membangun bangsa agar lebih maju, dan dengan ilmu yang didapatkan dapat mensejahteraan masyararaknya. Ketiga, berkarakter memiliki arti tercapainya tenaga pendidik dan kependidikan yang menguasai Iptek dengan menjunjung tinggi kejujuran, amanah, berwibawa, adil, religius, dan akuntabel. Maksudnya adalah untirta ingin seluruh mahasiswa dan mahasiswi ketika lulus dari untirta bisa menguasai Iptek, dan memiliki karakter seperti yang sudah di sebutkan tadi. Keempat, berdaya saing maksudnya adalah untirta ingin mahasiswa dan mahasiswinya dapat bersaing dalam segala bidang yang bersifat positif dan dapat mambanggakan nama untirta dan agar dapat memajukan untirta.
apa yang dapat saya ketahui ?
Yang dapat saya ketahui adalah bahwa proses pendidikan itu sangat penting, karena jika seseorang itu berpendidikan maka dia akan diahargai oleh orang lain dan tidak dianggap bodoh oleh orang lain. Dalam pendidikan memiliki proses, proses pendidikan itu adalah kegiatan mobilitas segenap komponen pendidikan oleh pendidik terarah kepada tujuan pendidikan.
apa yang saya dapat lakukan ?
Yang dapat saya lakukan itu adalah jika saya menjadi guru nanti, saya akan mengajarkan kepada murid saya bahwa pendidikan itu sangat penting, setiap orang seharusnya mendapatkan pendidikan, sehingga saya dapat menghasilkan pendidkan yang bagus kepada murid-murid yang saya didik nanti. Karena melalui pendidikan yang baik akan menghasilkan hasil yang baik juga. Pendidikan saat ini sangat penting, jika tidak tidak mengenyam pendidikan pada masa ini biasanya seseorang tidak akan menjadi orang yang sukses.
Siapakah manusia itu ?
Manusia itu adalah makhluk hidup yang berbeda dengan makhluk hidup lainnya. Karena manusia itu memiliki ciri yang berbeda dengan makhluk yang ada di alam semesta ini, cirinya yaitu :
Ajeg yaitu manusia memiliki prinsip dan bisa berdiri tegak sendiri jika memegang prinsipnya itu .
Fleksibel artinya walaupun ada makhluk yang bisa bergerak juga tetapi manusia itu lebih fleksibel karena manusia dianugerahi kemampuan yang berbeda dengan makhluk lainnya, seperti bernyanyi, menari, mambaca dan lain-lain.
Beberapa para ahli juga mendefinisikan manusia, yaitu :
Nicolaus D dan A. Sudirja
Manusia adalah bhineka, tetapi tunggal. Karena ia memiliki jasmani dan rohani akan tetapi tunggal, karena jasmani dan rohani merupakan satu barang.
Omar Mohammad Al-Toumy Al-Syaibany
Manusia adalah makhluk yang paling mulia, manusia adalah makhluk yang berfikir dan manusia adalah makhluk yang memiliki tiga dimensi ( badan, akal, dan ruh ), manusia dalam pertumbuhannya dipengaruhi faktor keturunan dan lingkungannya.
Erbe Sentanu
Manusia adalah makhluk sebaik-baiknya ciptaan-Nya. Bahkan bisa dibilang manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk lainnya.
Kesimpulan dari empat pertanyaan itu adalah bahwa segalanya bisa tercapai jika kita maka kita harus selalu belajar, agar visi yang sudah di buat dalam suatu institusi dapat tercapai, dan juga segala proses yang ada dalam pendidikan harus dihadapi dengan baik, sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang baik bagi para manusia di dunia ini, karena manusia itu berbeda dengan makhluk- makhluk yang ada di alam semesta ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar